Senin, 06 Juni 2011

manusia dan lingkuangan


A.                MANUSIA DAN LINGKUNGAN
Pengertian Manusia dan Lingkungan:
·                     Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan poptensinya yang tunduk kepada aturan – aturan Tuhan
Sedangkan
·                     Lingkungan merupakan suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupan dan memiliki karakter serta fungsi yang khas.
Relasi  manusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbiotik mutualisme. Saya sebut sebagai timbal balik dan simbiotik mutualisme, karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membutuhkan manusia untuk pelestariaanya. Jadi manusia butuh alam untuk kehidupanya  dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.
Manusia memang dijadikan oleh Allah SWT sebagai khalifah atau pengganti atau yang menggantikan. Allah SWT menjelaskan didalam surat Al’baqarah ayat 30.
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.
Di dalam konsepsi islam, maka terdapat 2 fungsi manusia didalam kehidupannya
·                     Pertama adalah sebagai abdun atau hamba Allah, dan
·                     Kedua sebagai khalifah atau wakil Allah di bumi

Didalam fungsi pertama, maka fungsi manusia adalah untuk melakukan pengabdian
Dan
Didalam fungsi kedua sebagai khalifah.maka manusia memiliki fungsi amanah, tanggung jawab, wewenang, kebebasan menentukan pilihan dan kreatifitas akal.

Jika sebagai hamba, maka yang lebih besar adalah untuk kepentingan indipidunya, maka sebagai khalifah, fungsi manusia lebih banyak untuk diluar dirinya, manusia lain dan alam seluruhnya.

Tujuan pembelajaran yang dihaarapkan dari topik ini
Agar mahasiswa memahami peranannya dalam pengembangan dan pemeliharaan lingkungan rumah. Bagaimana pengaruh lingkungan bag diri da masyarakatnya serta bagaimana bela manusia mengembangkan lingkungan tanpa dilandasi nilai moral, etika dan realigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar