Senin, 06 Juni 2011

manusia dan peradaban


A.                MANUSIA DAN PERADABAN
Peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya ( faircild, 1980:41).
Peradaban merupakan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat yang tercermin dalam tingkat intelektuan, keindahan, teknologi dan spiritual. Maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, adat sopan santun dan pergaulan. Peradaban erat kaitanya dengan kebudayaan yakni cipta rasa dan karsa. Kemampuan cipta adalah manusia menghasilkan ilmu, karsa adalah menghendaki kesempurnaan hidup, kemulyaan dan kebahagian sehingga menghasilkan berbagai aktifitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan rasa adalah menghasilkan berbagai macam seni beragam.
Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa di tentukan oleh :
1.      kemajuan teknolog
kemampuan teknologi mengakibatkan bangsa itu dianggap lebih maju dari bangsa lain pada zamannya. Kemajuan teknologi dapat dilihat dari infrastruktur bangunan, sarana, lembaga yang di bentuk dsb.
2.      ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikan.
peradaban di tentukan pula oleh tingkat pendidikan salah satu cirri yang penting adalah berbudaya (cultured). Orang yang cultured adalah oaring yang mampu menghayati dan memahmi hasil kebudayaan adiluhung yang hanya bisa di dapatkan dengan pendidikan dengan taraf yang tinggi.  Bangsa yang beradap adalah bangsa yang etrdididk.
Manusia dikatakan sebagai mahluk beradab dan masyarakat beradap dikarnakan di anugrahi akal pikiran, harkat, derajat, martabat dan potensi kemanusian yang tinggi. Dalam perkembangannya dapat jatuh dalam kebiadaban karena tidak mampu menyeimbangkan dan mengendalikan cipta, rasa dan karsa yang dimilkinya. Dan manusia tersebut akhirnya melanggar hakikat kemanusian.
Wujud peradaban moral;
1.    nilai-nilai masyarakat dalam hubungannya dengan kesusilaan.
2.    Norma: aturan, ukuran, atau pedoman, yang digunakan untuk menentukan sesuatu benar atau salah.
3.    Etika: nilai, norma tentang apa yang abik dan yang buruk menjadi pegangan dalam mengatur tingkah laku manusia.
4.    Estetika: hubungan dengan segala sesuatu yang mencangkup dengan keindahan.
Peradaban lahir sebagai respon manusia dengan segenap daya upaya dan akal menghadapi alam sebagai suatu tantangan guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan keturunannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar