Senin, 06 Juni 2011

manusia sain dan teknologi


A.                MANUSIA SAIN DAN TEKNOLOGI
Sain dan teknologi dapat berkembang melalui penemuan, peciptaan, melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan iptek bagi manusia sangat bergantung pada nilai, moral, norma dan hukum yang  mendasarinya. Iptek tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa iptek mencerminkan keterbelakangan.
Sain adalah ilmu pengetahuan yang teratur yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan criteria. Sedangkan teknologi adalah keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan.
Makna sain, teknologi dan seni bagi manusia
· Perkembangan teknologi , perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang ilmu pengetahuan baru kita dapat memperoleh hasilnya.
· Iptek dan nilai, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berkembang secara pesat. Sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
· Manusia sebagai subjek dan objek iptek, dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapat yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Makna iptek secara keseluruhan yakni, perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran rakyat. Sifat ketidak puasan manusia mendorong kemajuan teknologi yang digunakan untuk kemudahan kehidupan manusia.
Sedangkan nilai iptek itu yakni, dikembagkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Perkembangan iptek harus mampu menyesuaikan dengan nilai yang dianut oleh masyarakat.
Tingkatan teknologi berdasarkan penerapan dapat dibagi sebagai berikut:
1.                       Hi- tech
Suatu teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru. Memiliki cirri antara lain padat modal, didukung oleh rasilitas riset dan pengembanganya. Biaya perawatan tinggi, keterampilan operator tinggi. Contoh, computer, laser bioteknologi, satelit dsb.
2.                       Teknologi madya
Suatu jenis teknologi  yang dapat dikembangkan dan di dikung masyarakat yang lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Dengan cirri yakni, tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan tidak memerlukan pengetahuan baru.
3.                       Teknologi tepat guna
Teknologi ini mempunyai ciri skala modal kecil, peralatan  sederhana  dan pelaksanaannya bersifat padat karya.

Dampak penyalahgunaan iptek
·  Nuklir
·  Polusi udara, tanah, air dan suara.
·  Efek rumah kaca
·  Cloning
Selain dampak negative yang disebutkan di atas, ada juga dampak lain yakni dalam bidang:
a)    Imformatika, kemajuan teknologi dan computer mengakibatkan kejahatan semakan meningkat.
b)   Persenjataan, akibat yang dimunculkan dari persenjataan yang canggih yakni makin seringnya terjadi peperangan.
c)    Biologi, semakin marak terjadi teknologi rekayasa genetika. Seperti halnya cloning.
d)   Medis, banyak peralatan kedokteran yang canggih namun maraknya kasus rumah sakit yang  menganjurkan pasien untuk  melakukan diagnose tang tidak perlu dilakukan.
e)    Lingkungan hidup, sudah barang tentu kemajuan teknologi membuat alam kita semakin hancur dan rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar