Senin, 06 Juni 2011

manusia dan penderitaan


A.                MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita, kata derita berasal dari bahasa sangsakerta yakni menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung dan merasakan sesuatau yang tidak menyenagkan. Penderitaan itu dapat lahir atau pun batin. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitasnya bertingkat ada yang berat dan ringan.
Suatu peristiwa dianggap  penderiataan oleh sebagian orang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Penderitaan akan dialami oleh semia orang hal tersebut merupakan resiko dalam kehidupan.  Tuhan memberikan kesenagan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga dengan penderitaannya.
Berbagai macam penderitaan manusia:
1.    Penderitaan yang muncul akibat perbuatan buruk manusia, terjadi karena hubungan manusia dengan manusia lain dan lingkungannya.
2.    Penderitaan yang muncul karena berbagai penyakit siksa azab dari allah SWT.
Orang yang mengalami penderitaan pasti dapat memberikan pengaruh teehadap oaring itu. Tentunya sikap yang muncul itu berbeda pada setiap oarangnya. Baik berupa sikap posif seperti makin menguatkan keimanan seseorang, lebih tawakal, sabar dan optimis dalam menjalani hidup. Sikap nrgatif contohnya munculnya penyesalan karena tidak bahagia. Kecawa, putus asa, dan tidak memiliki gairah hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar