Minggu, 05 Juni 2011

modernisasi, globalisasi dan universalisme


A.                MODERNISASI, GLOBALISASI, DAN UNIVERSALISME.
Pada dasarnya manusia menginginkan perubahan dari keadaan tertentu kea rah yang lebih baik dengan harapan agar tercapai kehidupan yang lebih maju. Keinginan tersenutlah awal dari suatu proses moernisasi.
Modernisasi adalah suati transformasi total kehidupan bersama yang tradisional  dalam arti teknologi serta organisasi kearah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi cirri Negara barat yang stabil (Wibert E. Moore). Sesungguhnya dalam kehidupan modern akan tercermin alam fikiran yang rasional, ekonomi, efektif, efisien, menuju kehidupan yang produktif.
Globalisasi adalah suatu proses dimana antara individu, kelompok, Negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu dengan yang lainnaya.  Globalisasi merupakan suatu istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaiatan dan ketergantungan antara bangsa dan manusia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi lainya sehingga batas suatu Negara menjadi semakain sempit.
Peningkatan interaksi melalui media masa sangat berkembang dengan pesat. Saat ini kita dapat menkonsumsi dan mengalami pengalaman baru mengenai hal-hal yan g melintasa beraneka ragam budaya. Misalkan fasion, literature, dan makanan. Peningkatan masalah bersama misalnya krisis multinasional, regional dll. Jadi globalisasi membawa kita pada pemahaman bahwa kita satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar