Minggu, 05 Juni 2011

konsep pendidikan umun di indonesia


A.                KONSEP PENDIDIKAN UMUM DI INDONESIA.
Konsep pendidikan di Indonesia yakni  mengkolaborasi dari pendidikan umum di amerika  menjadi MKDU. MKDU meliputi MPK ( mata kuliah pengembangan kepribadian ) dan MBB ( mata kuliah berkehidupan  bermasyarakat yang meliputi ISD, IBD dan IAD). IBD dan ISD melebur menjadi ISBD.
Berikut merupakan Pemetaan aspek pembelajaran dalam kelompok mata kuliah:    
1.                   MPK,
2.                   MKK (keahlian dan keilmuan learning to know),
3.                    MKB (learning to be),
4.                   MBB (learning to live together),
5.                   MPK (learning to be morally).
Kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap tuhan YME dan berbudi pekerti luhur, berjiwa besar sebagai manusia , berkepribadian mantap, serta memiliki rasa tanggung jawab kemesyarakatan dan kebangsaaan.

KONDISI PENDIDIKAN DI INDONESIA,  dipengaruhi oleh politisasi pendidikan, sekularisasi pendidikan dan over spesialisasi. Sihingga menimbulkan dampak:
1.                       Arah pendidikan kurang jelas,
2.                       Pendidikan sebagai barang mahal,
3.                       Pendidikan tidak merata,
4.                       Penyelewengan dana,
5.                       Kurangnya penghargaan terhadap guru,
6.                       Kualitas dan kuantitas guru berkurang,
7.                       Pendidikan kepribadian kurang mendapat perhatian,
8.                       Mencetak tukang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar